ANALISIS PERBANDINGAN PERMINTAAN PASAR INDOMARET DENGAN ALFAMART

ANALISIS PERBANDINGAN PERMINTAAN PASAR INDOMARET DENGAN ALFAMART

Argy Nur Fiandy
Nasya Shafa Khalilah
Andhika Hikmareta
Annisa Fitriasari
     Abstrak 

Penulisan makalah ini bertujuan untuk memaparkan faktor yang membedakan Alfamart dan Indomaret dan untuk lebih memahami tingkat permintaan pasar, terutama dalam kebutuhan primer. Permasalahan yang dibahas adalah bagaimana perbandingan permintaan antara Alfamart dan Indomaret. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik menyebar angket. Pada prosesnya, penyusun menyebar angket dengan menggunakan google form kepada dua ratus orang yang mengisi. Hasil analisis menunjukan bahwa, faktor jarak atau lokasi sangat berpengaruh terhadap permintaan pasar, sehingga konsumen cenderung memilih berbelanja di lokasi yang paling dekat. Selain itu, tingkat harga merupakan faktor yang membedakan Alfamart dan Indomaret. Karena konsumen terkadang mengeluh akibat tingkat harga dari keduanya berbeda, dengan begitu konsumen dapat membandingkan mana yang sesuai dengan harga yang diharapkan konsumen.

Kata kunci : Permintaan pasar, Konsumen, Tingkat harga, dan Lokasi.


1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Persaingan retail modern saat ini tidak akan lepas dari nama  Indomaret dan Alfamart. Jika salah satunya didirikan maka yang lain akan mengikuti.Keduanya saling sikut yang berimbas pada toko tradisional yang kalah saing sehingga banyak pelanggan yang beralih dari toko tradisional.
Mereka memiliki budaya dan strategi manajemen yang berbeda tetapi tetap megutamakan kualitas dan kepuasan pelanggan. Fenomena perkembangan retail modern Indomaret atau Alfamart mengundang decak kagum, keduanya mengusung toko retail modern yang mempunyai ciri khas ruang pajang dengan rak–rak yang tersusun rapi, pembayaran yang praktis dengan sistem kasir, ruangan ber-AC, serta membuka toko hampir 24 jam. Hal ini tentu sangat menguntungkan apabila di tengah malam ketika kita membutuhkan sesuatu hal yang mendesak Indomaret atau Alfamart dapat menjadi kebutuhan.
Petarungan Indomaret dan Alfamart semakin sengit mengingat keduanya tidak segan bertarung secara berhadap - hadapan. Sering dijumpai dimana ada Indomaret di situ ada Alfamart, begitu pula dimana ada Indomart di situ ada Alfamart.
Ternyata ada beberapa alasan mengapa mereka selalu berdekatan berikut.
1. Adu pesaingan
2. Membidik pasar yang lebih luas
3. Pasar yang sangat besar
Berdasarkan uraian tersebut penelitian ini penting dan menarik untuk diteliti.
1.2 Batasan Masalah
Permasalahan dalam makalah ini dibatasi pada aspek-aspek berikut.
1. Kajian ini difokuskan pada Analisis perbandingan permintaan pasar indomaret dengan alfamart
2. Kajian ini ditekankan pada aspek: (1)ketertarikan pelanggan terhadap Alfamart dan Indomart ; (2)potret kepuasan pelanggan ketika berbelanja di Indomart atau Alfamart ; (3)perbandingan permintaan antara Indomart dengan Alfamart.
1.3 Rumusan Masalah
Permasalahan dalam makalah ini dirumuskan menjadi beberapa pertanyaan berikut,
1. Bagaimana ketertarikan pelanggan terhadap Alfamart dan Indomaret ?
2. Bagaimana potret kepuasan pelanggan ketika berbelanja di Indomaret atau Alfamart?
3. Bagaimana perbandingan permintaan antara Indomaret dengan Alfamart ?
1.4 Tujuan
Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek berikut.
1. Ketertarikan pelanggan terhadap Indomaret dan Alfamart
2. Kepuasan pelanggan ketika berbelanja di Indomaret atau Alfamart
3. Perbandingan permintaan antara Indomaret dengan Alfamart
1.5 Manfaat
Makalah ini diharapkan dapat memberikan sejumlah manfaat sebagai berikut.
1. Bagi Penyusun
Penyusun dapat memahami sejauh mana mahasiswa dapat membandingkan Indomart dan Alfamart serta menambah pengetahuan tehadap keuangan mahasiswa
2. Bagi Pembaca
Pembaca dapat memperoleh pengetahuan dalam membandingkan khusunya Indomart dan Alfamart serta menambah pengetahuan terhadap keuangan mahasiswa.

1.6 Metode Penyusunan
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik menyebar angket. Pada prosesnya, penyusun menyebar angket dengan menggunakan google form kepada dua ratus orang yang mengisi.

4. PENUTUP
4.1 Simpulan
Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dijelaskan pada uraian sebelumnya, maka dapat diperoleh beberapa simpulan sebagai berikut.
1. Keberadaan Alfamart dan Indomaret membawa manfaat bagi konsumen, karena keduanya menyediakan kebutuhan primer, sehingga kebutuhan primer konsumen dapat terpenuhi.
2. Makanan ringan menjadi prioritas utama saat mengunjungi Alfamart dan Indomaret, karena terbukti banyak varian makanan ringan yang disediakan Alfamart dan Indomaret. Akan tetapi, konsumen terkadang mengeluh akibat tingkat harga dari keduanya berbeda, sehingga dari situ konsumen membandingkan mana yang sesuai dengan harga yang diharapkan kosumen.
3. Sebagian besar konsumen lebih sering mengunjungi Indomaret dibandingkan dengan Alfamart, karena produk di Indomaret lebih lengkap. Hal ini berarti konsumen merasa puas dari apa yang diberikan Indomaret tersebut, sehingga konsumen menilai baik Indomaret. Faktor lain yang membuat konsumen lebih sering mengunjungi Indomaret yaitu jarak atau lokasi. Hal ini dapat disimpulkan lokasi masyarakat lebih dekat dengan Indomaret dibandingkan dengan Alfamart, sehingga konsumen cenderung memilih Indomaret untuk dikunjungi.
4.2 Saran
Setelah melakukan analisis, maka penyusun berinisiatif memberikan saran kepada penyusun selanjutnya dan pihak Alfamart dengan Indomaret untuk pengembangan lebih lanjut yaitu, sebagai berikut.
1. Kepada penyusun selanjutnya dalam melakukan analisis sebaiknya menggunakan beberapa metode, karena jika hanya menyebar kuesioner memungkinkan konsumen tidak cermat dalam mengisi kuesioner tersebut, selain itu penyebaran kuesioner dirasa kurang efektif, karena penyusun hanya menyebarkan kuesioner melalui media sosial seperti Line dan WhatsApp. Hal ini penyusun berharap kepada penyusun selanjutnya  untuk lebih kreatif dalam mencari data dan informasi, supaya hasil analisis dapat memusakan.
2. Hasil analisis perbandingan permintaan pasar Alfamart dan Indomaret hanya disebabkan oleh faktor lokasi dan tingkat harga. Hal ini penyusun berharap kepada penyusun selanjutnya untuk mencari faktor lain yang membedakan antara Alfamart dan Indomaret tersebut.
3. Penyusnun memberi saran kepada pihak Alfamart dan Indomaret  bahwa, kualitas layanan merupakan salah satu faktor yang harus perhatikan, karena konsumen akan merasa puas jika layanan yang diterima memberikan kesan baik kepada konsumen. Contohnya, bagian kasir harus selalu memberikan sapaan, sopan, berdiri dan memberikan layanan yang baik kepada para konsumen. Karena jika kualitas pelayanan yang diberikan baik maka pelanggan akan merasa senang dan nyaman saat berkunjung.






































































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stratejik Fit Perusahaan Sepatu Adidas

Cara menghapus facebook yang lupa username dan password

About my family