Tantangan Menghadapi Resiko Global



OUTLOOK PEREKONOMIAN INDONESIA 2017
Tantangan menghadapi resiko global

Annisa fitriasari/ 1401164144
MB40-09

Jikalau kita bicara ekonomi indonesia bahkan global maka pembahasannya akan sangat meluas tetapi pada kesempatan ini saya akan mereview dari matakuliah umum ini dalam bentuk pembahasan ke arah ekonomi makro yang dimana ada hubungannya dengan outlook perekonomian indonesia 2017 atau lebih ke arah tantangan menghadapi resiko global, tetapi dalam pembahasan kali ini hanya beberapa point yang dapat saya ambil dari ribuan indikator yang terjadi diperekonomian saat ini.
pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2017 diasumsikan sebesar 5,1 persen, menurut bapak coki sebagai dosen ekonomi telkom university mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi diindonesia itu sangat unik atau terbilang stabil, kemudian dilanjutkan oleh pembicara mata kuliah umum ekonomi yang dimana tentunya pencapaian target pertumbuhan ekonomi tersebut akan sangat tergantung pada beberapa faktor yang pertama efektivitas kebijakan Pemerintah dalam memitigasi resiko. Kedua, keberhasilan reformasi ekonomi yang sudah berjalan selama 2 (dua) tahun terakhir. Ketiga, masih rendahnya basis pajak diindonesia.
        Tantangan pada tahun 2016 triwulan II adalah aktivitas sektor swasta yang relatif masih stagnan  dimana salah satunya penurunan pendapatan pajak sehingga pemerintah tidak dapat leluasa dalam meningkatkan biaya. Di sisi eksternal, resiko terbesar bagi perekonomian Indonesia diperkirakan masih berasal dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Amerika Serikat (AS).
 Kita tahu bahwa pertumbuhan ekonomi global sampai akhir tahun 2016 diperkirakan masih melambat tetapi di tahun 2017  harga komoditas dan energi dunia dan pertumbuhan ekonomi global diperkirakan mulai bergerak naik, meskipun masih jauh dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Kondisi ini diperkirakan berdampak positif terhadap negara-negara yang sumber pertumbuhannya masih bergantung pada komoditas dan energi. Secara keseluruhan perekonomian global diperkirakan mulai membaik dengan perkiraan pertumbuhan PDB dunia sebesar 2,6 persen, pertumbuhan impor dunia sebesar 2,6 persen, serta tingkat inflasi yang masih terkendali di angka 3,0 persen.
Dalam pertumbuhan ekonomi global tidak lepas dari sebuah resiko yang akan terjadi, tentunya setiap kebijakan pasti telah memprediksikan resiko yang ada dan solusi yang ada agar perekonomian tetap berjalan lancar dan terus bergerak, pada saat kuliah umum tadi dijelaskan beberapa resiko yang dihadapi perekonomian global antara lain yaitu, pertama kebijakan pemerintah RRT untuk menghadapi kondisi perekonomiannya yang terus turun, kemudian yang kedua terpilihnya Donald Trump Sebagai Presiden AS yang dimana Proposal Trump yang cenderung membawa ekonomi AS lebih tertutup sehingga menyebabkan tingkat ketidakpastian dalam ekonomi AS dan global, kemudian yang terakhir Resiko Domestik.
Indonesia yang saat ini dipimpin oleh presiden joko widodo dalam kinerjanya terus meningkatkan infrastruktur yang ada diindonesia karena terbukti dari realisasi dan percepatan proyek pembangunan infrastruktur Pemerintah yang dilakukan dalam laporan outlook ini menunjukkan bahwa pembangunan infrastruktur membawa dampak positif, seperti ketenagalistrikan. ketenagalistrikan akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan nilai tambah perekonomian nasional dan regional. Selain akan menjadi media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, investasi di sektor kelistrikan juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, baik dari sektornya sendiri (direct) maupun sektor lainnya (indirect). Melalui langkah antisipasi kebijakan yang tepat, terutama untuk memitigasi dampak resiko ekonomi ke depan, target pertumbuhan ekonomi Pemerintah sangat mungkin dicapai.
Jadi kesimpulannya perekonomian indonesia ditahun 2017 ini terbilang meningkat dari tahun sebelumnya, tetapi dari sebuah peningkatan tersebut terdapat tantangan-tantangan yang harus dihadapi terutama masalah global yang berdampak pada perekonomian diindonesia. Dari tantangan tersebut pemerintah sudah membuat target agar pencapaian perekonomian meningkat ditahun 2017 ini dan tahun yang akan datang.
Sekian resume dari saya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stratejik Fit Perusahaan Sepatu Adidas

Cara menghapus facebook yang lupa username dan password

About my family