Menentukan masa depan berbelanja

Annisa fitriasari
MBTI Telkom university


Dalam benak kita mungkin kata belanja adalah tentang hidup, tentang rasa, tentang warna dan tentang gaya dengan belanja kita akan merasa sangat senang karena kebutuhan jasmani dan rohani kita terpenuhi.
Mengusik tentang gaya yang dimana gaya hidup modern sebagian orang telah memilikinya, begitu juga ditambah dengan teknologi yang semakin hari semakin canggih dan boleh dikatakan teknologi sudah menjadi kebutuhan pokok manusia saat ini, dengan kata lain kita dipaksa dilahirkan ke zaman modern yang berarti kita dituntut berlari mengikuti zaman.
 Jika bicara tentang belanja, siapa sih yang enggak suka belanja pasti semua juga suka ya, hayo ngaku. Tapi cara belanja sekarang itu berbeda dengan cara terdahulu.
E-commerce adalah cara yang dilakukan aktivitas belanja saat ini karena selain mudah dalam transaksi manfaat e-commerce sangat banyak untuk perusahaan diantaranya yaitu dapat meningkatkan market exposure ( pangsa pasar ), menurunkan biaya operasional ( operating cost ), melebarkan jangkauan ( global serc ), meningkatkan customer loyalty, meningkatkan supply management dan memperpendek waktu produksi.
Apa yang saya rasakan tentang gaya modern dalam berbelanja saat ini dan mungkin dimasa yang akan datang selain cara bisnis dan cara transaksi seperti e-commerce bisa dikatakan berkaitan dengan nilai style seseorang, faktanya saya merasa senang dan percaya diri ketika memakai pakaian atau segala sesuatunya menggunakan produk dengan brand atau merek yang sudah dikenal banyak orang, selain itu style sangat menentukan kepribadian seseorang, mungkin produk-produk dengan brand yang sudah terkenal seperti zalora, zoya, zara dll target pasarnya lebih ke tingkat menengah sampai atas.
Saya seorang remaja yang sedang melanjutkan study dikota bandung tepatnya di Telkom university fakultas ekonomi dan bisnis, lingkungan kampus saya terbilang bersaing dalam hal prestasi tetapi dibalik semua itu style mahasiswa telkom university pun tidak kalah masuk dalam kategori persaingan satu sama lainnya. Kemudian apa yang saya lihat dari cara style mahasiswa telkom university. Pertama dalam hal pakaiannya yaitu banyak mahasiswa memilih warna-warna yang soft dan monochrom. Menurut pandangan saya seseorang yang memakai warna-warna soft menandakan orang tersebut percaya diri yang tinggi dan untuk yang warna-warna monochrom menandakan orang tersebut terlihat lebih dewasa selain itu orang tersebut memiliki kewibawaan tersendiri. Apabila diaplikasikan dalam keseharian mahasiswa telkom university kebanyakan menggunakan pakain monochrom seperti baju berwarna putih dibalut dengan kerudung warna abu-abu untuk mahasiswi dan ditambah scarf bunga-bunga dengan celana jean levis, simpel tetapi tetap elegan.
Jika kita ingin terlihat stylish dan modis, brand atau merek dalam suatu produk adalah salah satu yang perlu diperhatikan oleh setiap konsumen. Sayapun begitu adanya karena telah menjadi prinsip saya dalam memilih produk sesuai brand yang telah legal karena “ harga tidak menghianati suatu produk”, walaupun harga nya mahal saya yakin kualitas pasti akan bagus daripada harga murah tetapi dikhawatirkan produk tersebut abal-abal dan bisa jadi terjebak dalam merek palsu sehingga tidak memuaskan konsumen yang membeli suatu produk tersebut.
Pernah susatu ketika saya membeli suatu produk secara online atau aktivitas e-commerce, kemudian informasi didalam nya memang sangat lengkap ditambah harga yang tidak begitu mahal dan tidak bermerek tetapi ternyata setelah barang sampai, produk tersebut tidak sesuai dengan keinginan saya, harga memang sangat murah tetapi kualitas tidak mendukung. Maka dari itu kita sebagai generasi muda dimasa yang akan datang harus pintar dalam berbelanja karena konsumen dan produsen ibarat roda yang berputar satu sama lainnya saling membutuhkan dan menguntungkan.
Sebagai generasi penerus alangkah baiknya kita pintar dalam berbelanja karena dengan tidak membeli merek palsu kamu menghargai dirimu sendiri dan dengan kamu membeli barang yang asli itu artinya kamu menghargai diri sendiri. Uang yang kita dapatkan dari kerja keras yang halal tidak sia-sia karena membeli merek palsu yang jelas-jelas merupakan produk dari usaha kriminal yang dilarang undang-undang, lebih baik kita menabung lagi untuk membeli produk yang bermerek yang sudah jelas mereknya atau brand untuk keamanan dan kenyamanan kita semua.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stratejik Fit Perusahaan Sepatu Adidas

Cara menghapus facebook yang lupa username dan password

About my family